Galeri SMK Muhammadiyah 2 Surakarta





Artikel Guru (3)
Kemuhammadiyahan (5)
Kreativitas (0)
Lowongan Kerja (0)
Materi Pelajaran (3)
Pendidikan Nasional (1)
Prestasi (4)
Seputar Sekolah (12)
SMK Bisa ! (4)






  • (270)
  • v (278)
  • f (12)
  • Home » Artikel Guru » Peran Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran


    Sabtu, 28 September 2013 - 05:20:42 WIB
    Peran Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran
    Diposting oleh : Administrator SMK Muhammadiyah 2 Surakarta
    Kategori: Artikel Guru - Dibaca: 39895 kali

    Disiplin dalam usaha mencapai cita-cita, termasuk menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai serta sikap perlu ditumbuhkan dengan memberi tanggungjawab pemecahan masalah oleh pribadi siswa. Upaya kerja keras untuk memecahkan masalah atau tantangan yang bersifat tugas individual perlu dikembangkan. Siswa perlu dibiasakan untuk mencapai kepuasan dengan usaha yang keras dari diri siswa sendiri.

    Pendidikan tidak boleh terlalu memanjakan anak, bantuan yang kita berikan sifatnya hanya berupa kail untuk dapat memancing penyelesaian masalah oleh siswa sendiri. Oleh karena itu, guru harus membiasakan siswa untuk berjuang keras memecahkan masalah, dan berusaha membatasi meminta bantuan kepada orang lain (teman sebaya atau guru) sebelum segala upayanya mencapai jalan buntu siswa perlu dibiasakan untuk menghindari budaya meniru, menyontek, bersantai-santai, dan perlu ditanamkan motto "Tidak ada sukses tanpa kerja keras".

    Azas korelasi perlu ditanamkan ke siswa untuk mengaitkan pokok bahasan yang diajarkan dengan pokok bahasan lain dalam satu mata pelajaran, dan menghubungkan atau memanfaatkan suatu mata pelajaran dengan data pelajaran lain dan dalam perkembangan IPTEK.

    Gagasan dan pengetahuan ini akan membentuk keterampilan, sikap, dan perilaku sehari-hari sehingga siswa akan berkompeten dalam bidang yang dipelajarinya. Kegiatan belajar dan mengajar inilah yang disebut orang sebagai “pembelajaran”.

    Perasaan senang akan muncul bila belajar diwujudkan dalam bentuk permainan, melakukan sendiri dan eksperimen dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang menarik.

    Siswa akan mencapai hasil belajar 10%  dari apa yang dibaca, 2O% dari apa yang didengar, 30 % dari apa yang dilihat, 50 % dari apa yang dilihat dan didengar,70% dari apa yang dikatakan, dan 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan.

    Pembelajaran Teknologi lnformasi dan Komunikasi secara garis besar agar siswa memahami dan menggunakan komputer dan informasi (computer and information literacy). Melalui pembelajaran ini siswa menjadi inovatif, adaptif, dan selektif dalam memilih informasi, sistem, dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat.



    Penulis : Nur Budi Asri Wahyuni, SE

    (Guru SMK Muhammadiyah 2 Surakarta)

     




    4701 Komentar, status : hidden. Terima kasih atas komentar Anda.



    Isi Komentar :
    Nama :
    Email :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     

    November, 2017
    MSSR KJS
       1234
    567891011
    12131415161718
    1920212223 2425
    2627282930  

    Today is : 24 November 2017




    / /






    Apa yang Anda suka di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta?

    Sejuk dan Aman
    Keramahan Guru
    Prestasi
    Sistem Pengajaran
    Lingkungan Asri
    Lainnya

    Lihat Hasil Poling




    • 10 Februari 2016
    UJIAN TRY OUT Tahap ke-1 Tingkat XII thn ajaran 2016/2017

    • 13 April 2015
    Pelaksanan UN th. ajaran 2014/2015

    • 14 April 2014
    Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Nasional Siswa SMK Muh 2 Ska

    • 01 September 2013
    Upgrade Website SMK


    803731

    Pengunjung hari ini : 112
    Total pengunjung : 165540
    Hits hari ini : 333
    Total Hits : 803731
    Pengunjung Online: 2